Type Teman





Berikut tipe teman dalam kehidupan sehari2 kita, yang saya tahu

1. "If You Need"

Menurut saya tipe ini mungkin paling rendah tingkatannya. Teman seperti ini cuma ada pas dia lagi butuh saja, lalu menghilang saat dia sudah selesai dengan kebutuhannya. Biasanya orang-orang ini datang tak terduga lalu tiba -tiba memaparkan kesulitan atau kebutuhannya kepada kita, padahal sebelumnya tuh orang tidak pernah beredar dan tidak jelas kemana rimbanya. Dan orang ini tiba - tiba jadi teramat baik sama kita, karena kita punya sesuatu yg dia butuh. Sebagian orang memang sudah sifatnya kaya begini, yaitu hanya mengambil keuntungan dari orang lain. Kadar kepeduliannya sama kita juga nyaris ngak ada, karena dia hanya menganggap bahwa dirinyalah yang lebih penting.

2. Good-Time Friend

Teman semacam ini mudah kita temui disaat kita lagi senang. Kalo kita lagi dapat rejeki, mereka pasti menyapa kita. Kalo kita lagi punya acara yang ok, mereka pasti setuju buat jadi guest, kalo kita lagi sukses mereka mengaku kenal dekat sama kita. Tingkat pamrihnya sangat tinggi, berbanding lurus dengan penggunaan "azas manfaat", dan berbeda tipis sekali dengan time "If you need". Kalo kita lagi butuh bantuan, sebaiknya jangan harapkan teman yang satu ini !!! .

3. Colleague / Kolega
Teman macam ini ngak lebih dari sekedar teman seprofesi, sekelas atau sejurusan. Pertemanan terjalin selama kita masih satu lingkungan sama orang ini, tapi kemungkinan besar akan pisah begitu saja disaat udah ngak sama-sama lagi. Pertemanan seperti ini bisa dikembangkan selama masing2 pihak bisa mencairkan suasana kaku dan formal yang ada. Bisa jadi keduanya emang saling jaga image.

4. Allies / Sekutu

Pertemanan macam ini terjalin karena adanya rasa saling membutuhkan yang kadang pula saling menguntungkan. Dan ada pula unsur satu tujuan dalam pertemanan ini. Biasanya terjalin antara teman yang seprofesi, sejurusan, atau satu lingkungan organisasi. Terjadinya pertukaran informasi dan pengetahuan amat diharapkan oleh kedua belah pihak. Namanya juga sekutu, mereka sebenarnya gak beda jauh dengan tipe "If You Need", tapi bedanya adalah keduanya saling memanfaatkan, bukan salah satu pihak saja yang memanfaatkan. Nilai positif dari pertemanan ini adalah kita selalu terpacu untuk menjadi lebih baik. Selama kita masih memiliki nilai lebih dimata sekutu kita tersebut, dia akan tetap bersama kita.

5. Side-Kick

Teman seperti ini lebih seperti pengawal dan penjaga buat kita. Jalan pikiran atau cara pandang kita mungkin berbeda dari teman kita yang satu ini, juga mengenai bagaimana kita menilai sesuatu yang salah atau benar, mungkin akan berbeda juga. Berteman dengan tipe ini sangat disarankan, karena biasanya mereka menawarkan dunia yang berbeda dari apa yang biasa kita hadapi sehari-hari, dan itu membuat hidup kita menjadi tidak membosankan. Mereka tidak jauh berbeda dengan "Good-Time Friend" tetapi bedanya adalah mereka amat peduli akan diri kita, dan mereka akan amat tanggap jika kita membutuhkan bantuan. Tetapi teman seperti ini juga tidak sepenuhnya tulus, ada saatnya mereka meminta balas jasa.

6. Close Friend

Teman seperti ini mungkin jumlahnya tidak sampai 10 dalam dunia kita. Dengan mereka kita bisa berbagi banyak hal dan bercerita apapun bahkan hal yang memalukan. Bersama mereka adalah saat2 yang menyenangkan. Teman seperti ini tidak selalu sejurusan, seprofesi atau satu lingkungan, karena ikatan pertemanan yang telah terjalin sudah kuat dan biasanya komunikasi selalu lancar. Tipe pertemanan seperti ini mungkin akan awet, asal komunikasi tetap dijaga dan sikap respek tetap dipelihara oleh masing-masing pihak.  

7. True Friend / sahabat sejati

Banyak yang bilang kalo pacar boleh datang dan pergi, tapi sahabat yang sejati akan selalu setia. Mungkin ungkapan ini terdengar klise, tapi memang beginilah adanya. Sahabat sejati tidak menuntut apapun dan tidak mengenal situasi apapun. Seorang sahabat juga selalu mengingatkan kita disaat kita berbuat salah, tapi tetap memperhatikan privacy dari sahabatnya tersebut. Biasanya persahabatan semacam ini hanya dimiliki oleh orang yang benar2 beruntung, karena memang kita belum tentu memiliki seorang sahabat dalam hidup ini. Seorang sahabat akan mampu menempatkan diri dan tidak hanya memaksakan keinginan dan ambisi pribadi dalam segala hal. Mungkin kita bisa melihat sosok "True Friend" disaat kita dalam kesulitan. Sahabat sejati akan selalu bersama kita bukan hanya disaat kita senang, tapi yang utama adalah disaat kita susah.  

Seperti apakah kamu, dan seperti apakah teman teman kalian ?
2 komentar

Sharing is caring. Share this article now!

2 komentar:

  1. [sedang dalam pencarian true friend]
    semoga postingan ini bisa membantu (okok)

  1. Makasih mbak, udah mampir (cozy)

Poskan Komentar